Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Pangandaran dan Sumur Banten

Dua gempa bumi dengan Magnitudo (M) 4,2 mengguncang Kabupaten Pangandaran, Rabu (2/1) pukul 10.23 WIB, dan Sumur, Banten, pada pukul 06.59 WIB.

“Hari Rabu, 2 Februari 2022 pukul 10:23 WIB, wilayah Kabupaten Pangandaran, Jabar dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 4,2,” kata Kepala BBMKG Wilayah Tangerang Selatan Hartanto melalui keterangan tertulis, Rabu (2/2).

Hartanto menjelaskan episenter gempa Pangandaran terletak pada koordinat 8.16 LS dan 107.91 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 82 KM barat daya Kabupaten Pangandaran pada kedalaman 18 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia menunjam menelusup ke bawah lempeng Eurasia,” ujarnya.

Adapun dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa ini dirasakan di wilayah Ciamis dan Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II-III MMI, di Cipatujah, Cijulang, Ciawitali, Pangandaran, Parigi, Cikatomas, Ciawitali, Singajaya, Cisompet dengan skala intensitas III Modified Mercalli Intensity (MMI).

“Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu,” ucap Hartanto.

Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa tersebut.

“Hingga pukul 10.46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan,” cetus Hartanto.

Sementara itu, akun Twitter BMKG juga melaporkan gempa M 4,2 mengguncang wilayah Sumur.

“#Gempa Mag:4.2, 02-Feb-22 06:59:38 WIB, Lok:7.10 LS, 105.28 BT (Pusat gempa berada di laut 58 km barat daya Sumur), Kedlmn:9 Km Dirasakan (MMI) II-III Cigeulis, II-III Cimanggu, II-III Sobang, II-III Sukaresmi,” kicau akun resmi BMKG.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts