Alasan NFT Bored Ape Yacht Club Mahal dan Diburu Para Artis

Non-fungible token (NFT) menjadi aset digital yang semakin populer di dunia kripto, bahkan beberapa koleksi mencatatkan angka penjualan fantastis. Salah satu NFT yang lagi digandrungi adalah Bored ApeNF Yacht Club (BAYC) yang dibuat perusahaan bernama Yuga Lab.

Salah satu NFT Bored Ape pernah terjual pada September 2021 di balai lelang Sotheby seharga US$24,4 juta atau sekitar Rp351 miliar.

Bored Ape Yacht Club sendiri adalah sebuah klub atau ruang virtual yang hanya diperuntukkan bagi anggotanya, dengan kapasitas tidak akan pernah lebih dari 10 ribu.

Kumpulan 10 ribu NFT Bored Ape Yacht Club yang dibeli pengguna nantinya berfungsi sebagai identitas keanggotaan klub dan memberikan akses ke beberapa hal eksklusif yang tersedia hanya untuk anggota.

Hal eksklusif tersebut yang lantas menjadi salah satu alasan koleksi NFT ini banyak dibeli, bahkan oleh para artis.

Daftar pemilik NFT Bored Ape Yacht Club di antaranya Justin Bieber, Eminem, Paris Hilton, Post Malone, dan Snoop Dogg. Bukan hanya itu, tiket digital eksklusif ini juga dimiliki tokoh dunia olahraga seperti Shaquille O’Neal, Stephen Curry, Neymar, dan Serena Williams.

Salah satu keuntungan memiliki NFT Bored Ape Yacht Club ini adalah akses ke tempat bernama ‘Bathroom’, tempat nongkrong virtual dengan kanvas yang bisa digunakan pemilik untuk menggambar, menulis sumpah serapah, atau melakukan apa pun yang mereka inginkan.

Di ruangan tersebut, setiap anggota Bored Ape Yacht Club diperbolehkan melukis satu piksel di dinding setiap lima belas menit.

Dilansir dari Decrypt, di ruang virtual ini, anggota juga dapat berinteraksi dengan anggota anggota lain.

Selain keanggotaan eksklusif, beberapa pengguna membeli Bored Ape Yacht Club dengan alasan investasi. Suplai terbatas di pasaran akan membuat aset digital ini tumbuh dan menjadi semakin mahal pada kemudian hari.

Kepemilikan NFT Bored Ape Yacht Club juga memberi pengguna akses ke koleksi NFT tambahan, yang kemudian dapat dijual kembali dengan potensi harga cukup mahal.

Salah satu koleksi tambahan yang diberi Yuga Labs kadalah NFT anjing dari koleksi Bored Ape Kennel Club yang diberikan gratis untuk setiap pemilik NFT Bored Ape Yacht Club.

Dilansir dari Bincance, komunitas Bored Ape Yacht Club tumbuh menjadi komunitas yang kuat secara konsisten. Hal ini dapat terjadi salah satunya berkat sejumlah artis yang bergabung ke dalam keanggotaan Bored Ape Yacht Club.

Dialansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts