Jokowi Ingin IKN Nusantara Jadi Percontohan Tata Sosial Toleran

Presiden Joko Widodo ingin Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara menjadi daerah percontohan transformasi di berbagai bidang. Salah satu yang jadi sorotan Jokowi adalah persoalan toleransi.

Jokowi berkata IKN Nusantara akan menjadi contoh daerah dengan tata sosial toleran. Dia juga ingin daerah baru itu menjadi teladan dalam beretika.

“IKN Nusantara akan kita jadikan showcase transformasi baik di bidang lingkungan, cara kerja, basis ekonomi, teknologi, dan lain-lain, termasuk pelayanan kesehatan dan pendidikan yang lebih berkualitas serta tata sosial yang toleran yang menjunjung tinggi etika publik,” kata Jokowi pada pembukaan Mandiri Investment Forum 2022, Rabu (9/2).

Pada kesempatan itu, Jokowi juga bicara soal upaya pemerintah melakukan pembangunan berkelanjutan. Dia menyebut pemerintah akan berfokus pada ekonomi hijau.

Mantan Wali Kota Solo itu berkata Indonesia juga akan membuat pusat percontohan industri hijau. Dia mengenalkan Green Industrial Park di Kalimantan Utara sebagai titik penting transformasi ekonomi hijau Indonesia.

“Kita akan mendorong pentingnya penerapan enviromental social dan governance dalam berbagai aktivitas ekonomi dan secara bertahap beralih kepada sumber terbarukan untuk mewujudkan ekonomi hijau,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, pemerintah memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke IKN Nusantara. Niatan itu telah dituangkan ke dalam UU IKN dan mendapat dukungan DPR.

Pemindahan ibu kota negara tinggal menunggu pengundangan UU IKN dan keputusan presiden. Jokowi menargetkan pemindahan ibu kota negara dimulai 2024. Dia ingin upacara hari kemerdekaan ke-79 RI akan digelar di IKN Nusantara.

Dilansir dari laman: cnnindonesia.com

Related posts