Polda Jateng Respons Viral Eks Kapolres Purworejo soal Zikir Perang

Polda Jawa Tengah (Jateng) mengatakan cuplikan wawancara mantan Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito soal zikir perang pada Mei 2021 sengaja disebar kembali ke media sosial (medsos) untuk membuat situasi di Desa Wadas menjadi tak kondusif.

“Cuplikan video itu adalah cuplikan wawancara Kapolres Purworejo Lama (AKBP Rizal Marito) pada Mei 2021. Sengaja diviralkan kembali untuk membuat situasi di Wadas Purworejo tidak kondusif,” kata Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Iqbal Alqudusy kepada wartawan, Selasa (15/2).

Iqbal mengklaim situasi di wilayah Wadas telah kondusif. Menurutnya keberadaan aparat TNI-Polri di lokasi saat ini hanya untuk menjalin komunikasi sosial antarwarga.

Upaya tersebut, kata Iqbal, dilakukan oleh aparat setidaknya dalam satu pekan terakhir. Ia menyebut pernyataan eks Kapolres Purworejo diunggah lagi untuk memperkeruh suasana.

“Dalam cuplikan video itu, Reporter TV One melakukan wawancara dengan Rizal Marito sekitar 9 bulan lalu, mengapa baru diviralkan sekarang?” ujarnya.

Lebih lanjut, Iqbal pun meminta masyarakat memeriksa kembali setiap informasi yang diterima dari media sosial. Menurutnya, medsos kerap dipakai oleh orang yang tak bertanggung jawab.

“Masyarakat jangan sampai terjebak framing negatif yang diciptakan pihak yang tidak bertanggungjawab. Kami mohon masyarakat untuk bijak dan berhati-hati,” katanya.

Sebelumnya, cuplikan video wawancara dari program Fakta TvOne, berkaitan dengan bentrok di Wadas pada 23 April 2021 menjadi viral dalam beberapa waktu terakhir.

Dalam video tersebut, Rizal mengatakan warga mengadang polisi yang hendak masuk Desa Wadas. Menurutnya, para warga pun mengucapkan zikir perang saat berhadapan dengan polisi.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis pim menyindir mantan Kapolres Purworejo AKBP Rizal Marito terkait pernyataan tersebut. Menurut Cholil, tidak tepat mengaitkan zikir itu dengan perang. Pasalnya, zikir itu bukan sebagai penanda persiapan perang.

“Dzikir hasbunallah wani’mal yaqin itu sikap menyerahkan urusan kpd Allah n mohon perlindunganNya,” ucap Cholil melalui akun Twitter @cholilnafis, Senin (14/2).

Related posts