Man City Perkuat Cengkeraman, Tottenham Cari Momen Kebangkitan

Manchester City akan berusaha memperkuat cengkeraman mereka di posisi puncak klasemen ketika menyambut Tottenham Hotspur di Stadion Etihad pada Sabtu (19/2) malam waktu setempat atau Minggu (20/2) dini hari WIB.

The Citizens saat ini unggul sembilan poin dari Liverpool yang berada di posisi kedua klasemen.

Sementara Tottenham menempati posisi kedelapan, tertinggal tujuh poin di belakang Manchester United yang berada di urutan keempat.

Man City baru saja sukses mengamankan satu kaki mereka di perempat final Liga Champions berkat penampilan yang luar biasa saat bertandang ke Sporting Lisbon pada Rabu (16/2) dini hari lalu.

The Citizens menang dengan skor telak 5-0 atas Sporting Lisbon di leg pertama babak 16 besar lewat gol Riyad Mahrez, Phil Foden, Raheem Sterling, dan dua gol Bernardo Silva.

Saat menghadapi Sporting Lisbon, Man City menunjukkan keberaniannya bermain terbuka meski berlaga di kandang lawan.

The Citizens juga mampu bermain efektif dalam menyerang dengan ketajaman serangan yang luar biasa.

Permainan apik tersebut bisa kembali diperagakan Man City ketika menghadapi Tottenham di Stadion Etihad, Minggu (20/2) dini hari WIB nanti.

Di samping itu, Man City saat ini juga berada dalam jalur perburuan gelar Piala FA Inggris dengan bersiap melakukan perjalanan ke Peterborough United di putaran kelima yang akan digelar pada 2 Maret mendatang.

Dan tentunya, Man City juga dalam kepercayaan diri tinggi lantaran berada dalam posisi yang kuat untuk mempertahankan gelar Liga Inggris usai duduk di puncak klasemen sementara dengan 63 poin dari 25 pertandingan.

Tim asuhan Pep Guardiola itu unggul sembilan poin dari Liverpool yang berada di posisi kedua, tetapi The Reds memiliki satu pertandingan lebih sedikit dibanding Man City.

Karena itu Manchester City tidak boleh terlena dan harus tetap menjaga semangat untuk terus mengumpulkan tiga poin saat melawan Tottenham.

Manchester City saat ini juga mampu menjaga tren positif setelah tidak terkalahkan di Liga Inggris sejak akhir Oktober dengan memenangkan 14 dari 15 pertandingan terakhir mereka.

Rapor ini jelas merupakan performa yang luar biasa. Pertahanan Man City juga sangat bagus lantaran baru kebobolan 14 gol dari 25 laga.

Man City kini menjadi tim yang kebobolan paling sedikit dari kontestan lain di Liga Inggris musim ini.

Namun, Man City tidak boleh menganggap remeh Tottenham. Pasalnya, pada putaran pertama Liga Inggris Tottenham berhasil mengalahkan Man City dengan skor 1-0.

Meski saat itu Tottenham masih dilatih Nuno Espirito Santo, namun mayoritas materi pemain The Lilywhites masih menjadi andalan Antonio Conte di laga ini.

Selain itu, Man City juga harus tetap mewaspadai tim berlogo ayam jago ini lantaran Tottenham mampu memenangkan tiga dari lima pertemuan terakhir kedua tim di Liga Inggris.

Catatan positif Tottenham ini seharusnya juga bisa menjadi modal untuk menambah kepercayaan diri pasukan Antonio Conte.

Sebab, dengan keyakinan yang tinggi itu diharapkan bisa membantu meningkatkan mentalitas para pemain Tottenham untuk menghadapi tim dengan kekuatan yang luar biasa seperti Man City.

Selain itu, yang terpenting adalah Tottenham harus memperkuat lini pertahanan mereka. Hal ini mengingat Man City adalah yang tim yang memiliki agresivitas dan ketajaman serangan yang baik.

Tottenham mungkin dapat memeragakan permainan pressing ketat untuk membuat para pemain Man City sulit mengembangkan permainan.

Conte juga harus membenahi serangan mereka. Pasalnya, Tottenham baru mencetak 28 gol dari 22 pertandingan di Liga Inggris.

Kemenangan atas Man City ini akan bermakna penting untuk meningkatkan kepercayaan diri para pemain Tottenham yang baru saja menelan tiga kekalahan beruntun di tiga laga terakhir di Liga Inggris.

Pasukan Antonio Conte saat ini berada di urutan kedelapan klasemen sementara Liga Inggris tertinggal tujuh poin di belakang Manchester United yang berada di urutan keempat.

Tetapi, Tottenham masih memiliki tiga pertandingan lebih sedikit dibanding Setan Merah. Artinya, finis di posisi empat besar tentu masih dapat dicapai Tottenham.

Tetapi, jika kembali gagal menang dari Man City dan performa Tottenham tak kunjung membaik maka bukan tidak mungkin beberapa bulan ke depan akan ada kabar pemecatan untuk Conte.

“Ini akan menjadi pertandingan berat bagi kami, tapi di saat yang sama kami ingin mencoba main dan menggunakan laga ini untuk perbaikan,” kata Conte dalam wawancara jelang pertandingan dikutip dari Daily Mail.

“Dalam laga ini kami juga memahami kesenjangan jarak yang Anda miliki dengan tim lain, tapi Anda harus main tanpa rasa takut, karena kami berada di momen harus melewati situasi ini jika ingin melangkah,” kata Conte menambahkan.

Related posts