Motor pada Gelaran MotoGP Menggunakan Mesin Berapa Silinder? Simak Biar Makin Tahu

Motor pada Gelaran MotoGP Menggunakan Mesin Berapa Silinder? Simak Biar Makin Tahu

Fayehicks.com – Dengan raungan mesin yang menggelegar serta laju yang seperti tidak memiliki batas, tak heran jika publik bertanya-tanya sebenarnya motor MotoGP berapa silinder? Well, untuk mengetahui hal ini bisa melihat pada beberapa penjelasan, baik yang secara umum maupun spesifik.

Gambaran umum yang pasti dimiliki publik adalah bahwa kapasitas mesin yang dimiliki setiap motor yang berlaga di MotoGP musim 2022 ini adalah sangat tinggi. Benar saja, secara umum kelas MotoGP menggunakan mesin berkapasitas 1.000 cc.

Read More

Perubahan Ketentuan

Pebalap Monster Energy Yamaha Fabio Quartararo memacu kecepatan sepeda motornya pada hari terakhir tes pramusim MotoGP 2022 di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok Tengah, NTB, Minggu (13/2/2022). ANTARA FOTO/Andika Wahyu/foc. (ANTARA/ANDIKA WAHYU)

Sederet perubahan pernah dilakukan terkait dengan kapasitas mesin motor yang berlaga di MotoGP sendiri. Seperti misalnya pada tahun 2002 lalu, Federasi Balap Motor Internasional mengeluarkan peraturan bahwa MotoGP akan menggantikan kelas 500 cc dengan mesin berkapasitas 990 cc.

Baca Juga:
Mario Aji Start Posisi 3 di Balapan Moto3, Aleix Espargaro: Orang Indonesia Tercepat!

Pada tahun 2007, federasi tersebut kemudian mengeluarkan  ketentuan baru, yakni mesin dengan spesifikasi 4 tak 800 cc dengan alasan meningkatkan keamanan pembalap. Baru pada tahun 2012, ketentuan penggunaan mesin 4 tak 1.000 cc diberlakukan.

Lalu Motor MotoGP Berapa Silinder Sekarang?

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins melakukan selebrasi wheelie usai jadi yang tercepat di FP2 MotoGP Qatar di Sirkuit Losail. [KARIM JAAFAR / AFP]
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins melakukan selebrasi wheelie usai jadi yang tercepat di FP2 MotoGP Qatar di Sirkuit Losail. [KARIM JAAFAR / AFP]

Sebagai contoh, mari kita lihat bocoran spesifikasi lengkap motor milik tim Suzuki. Karena setiap motor yang berlaga pada MotoGP sudah sesuai dengan standar, maka rasanya aman mengasumsikan semua motor memiliki spesifikasi kapasitas dan silinder yang tak berbeda.

Tim Suzuki sendiri menggunakan motor Suzuki GSX-RR. Kapasitas mesinnya sebesar 1.000 cc, dengan berat 157 kilogram, dan kecepatan maksimal 340 kilometer per jam. Secara spesifik, disebutkan pula jenis mesin yang digunakan pada motor ini, di rilisan yang diterbitkannya.

Mesin motor Suzuki GSX-RR 2022 akan menggunakan model Water-Cooled, 4 Stroke, In-Line 4-Cylinder, DOHC. Memang tidak secara eksplisit setiap tim menyetujui dan menyatakan kesamaan spesifikasi dengan motor milik tim Suzuki. Namun jika motor milik tim Suzuki memiliki spesifikasi seperti ini, maka idealnya motor tim lain juga akan memiliki spesifikasi dan jumlah silinder yang menyerupai Suzuki GSX-RR 2022 ini.

Baca Juga:
Kisah Pawang Hujan MotoGP Mandalika 2022, Dipekerjakan ITDC, Dibayar Ratusan Juta

Yamaha juga menjadi tim dengan mesin empat silinder segaris seperti Suzuki, sementara itu tim lain menggunakan mesin V4.



#Motor #pada #Gelaran #MotoGP #Menggunakan #Mesin #Berapa #Silinder #Simak #Biar #Makin #Tahu

Sumber : www.suara.com

Related posts