Taksiran Biaya Turun Mesin Motor, Simak dan Siapkan Duit sebelum Bertolak ke Bengkel

Taksiran Biaya Turun Mesin Motor, Simak dan Siapkan Duit sebelum Bertolak ke Bengkel

Fayehicks.com – Ketika digunakan, motor memerlukan perawatan yang rutin. Hal ini agar menjaga performa mesin motor, serta menjaga keselamatan berkendara pengendaranya. Tak jarang pula motor harus turun mesin. Biaya turun mesin motor yang tidak sedikit ini wajib dipahami, agar ada persiapan yang dilakukan dan tidak kaget.

Biaya turun mesin ini biasanya akan bergantung pada kapasitas mesin motor yang Anda gunakan. Misalnya saja, motor dengan kapasitas mesin 125 cc akan memiliki harga yang berbeda dengan motor dengan kapasitas mesin 250 cc. Hal ini wajar, dan berlaku hampir di semua daerah.

Read More

Turun Mesin karena Kerusakan Serius

Ilustrasi motor perlu turun mesin. (Pexels/cottonbro)

Motor hanya akan mengalami turun mesin ketika ada kerusakan yang cukup serius. Ini mengapa biaya turun mesin motor terbilang cukup tinggi.

Baca Juga:
Bocor Penampakan Harley-Davidson Entry Level, Pakai Mesin 500 cc Nih

Pada kondisi normal dan berupa servis rutin saja, diperkirakan biaya servis akan memakan sekitar Rp150.000. Dengan catatan tidak ada komponen mesin yang rusak dan servis hanya dilakukan sebatas pembersihan bagian dalam dan mengontrol semua komponennya.

Lain halnya saat motor mengalami kerusakan, maka biaya turun mesin juga akan termasuk biaya penggantian komponen atau servis komponen yang rusak. Harganya bisa sangat beragam tergantung kerusakan dan kapasitas mesin motor.

Perkiraannya adalah Sebagai Berikut

Untuk motor dengan kapasitas mesin di bawah 150 cc, biaya yang akan dikenakan adalah sekitar Rp750.000 hingga Rp1.000.000, tergantung dengan kerusakan yang terjadi atau tindakan yang harus dilakukan. Biaya ini, akan mencakup penggantian set piston, bubut, korter, dan jasa turun mesin.

Untuk motor dengan kapasitas mesin lebih dari 250 cc, maka biayanya akan sedikit berbeda. Diperkirakan, biaya yang akan dikenakan adalah Rp1.000.000 hingga Rp1.500.000, tergantung dengan kerusakan dan tindakan yang dilakukan pada motor Anda.

Baca Juga:
Menuju IIMS Hybrid 2022, Ini Daftar Mobil dan Sepeda Motor Baru yang Siap Naik Panggung Pameran

Biaya ini merupakan biaya standar, ketika dilakukan penggantian komponen standar. Namun jika terdapat permintaan penggunaan komponen khusus, maka biayanya bisa lebih besar dari pada ini.

Perkiraan biaya turun mesin motor di atas tentu hanya sebatas informasi umum saja. Anda bisa memastikannya dengan menghubungi bengkel kepercayaan Anda, dan berkonsultasi terkait biaya dan bagian yang harus diganti agar motor kembali dalam kondisi prima.



#Taksiran #Biaya #Turun #Mesin #Motor #Simak #dan #Siapkan #Duit #sebelum #Bertolak #Bengkel

Sumber : www.suara.com

Related posts