Kerap Ditemui di Mobil-Mobil Terkini, Apa Itu VVT? Simak Penjelasannya

Kerap Ditemui di Mobil-Mobil Terkini, Apa Itu VVT? Simak Penjelasannya

Fayehicks.com – Variable valve timing atau VVT adalah salah satu teknologi modern untuk mesin mobil. Teknologi ini membantu untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja keseluruhan mesin yang memanfaatkan teknologi ini.

Read More

VVT ini berfungsi untuk mengatur pembukaan dan penutupan katup pemasukan udara dan katup pembuangan. Jadi, bisa dikatakan VVT adalah katup yang bertanggung jawab untuk memungkinkan udara luar mengalir ke dalam dan untuk menggantikan emisi gas buang.

Waktu dan kecepatan membuka katup-katup ini sangat penting agar mesin dapat bekerja dengan baik. Meskipun ada kemungkinan mesin tetap berfungsi tanpa teknologi ini, namun mungkin akan ada penurunan besar dalam penghematan bahan bakar jika hal ini terjadi.

Sistem VVT ini terdiri dari berbagai komponen mekanis dan hidraulik untuk menciptakan efek pengangkatan katup. Beginilah cara mesin dapat merespon dengan cepat saat mobil dikemudikan. Pada saat performa mesin tidak diperlukan, Anda masih dapat mempertahankan efisiensi mesin yang tinggi.

Baca Juga:
Daftar Harga Daihatsu Gran Max Bulan Maret-April, Cocok untuk Usaha atau Bepergian Ramai-Ramai

Ada beberapa mobil yang menggunakan teknologi ini, yang mana mobil-mobil ini merupakan produsen mobil Jepang. Adapun beberapa mobil tersebut yaitu Honda, Toyota, dan Nissan. Namun perlu diketahui, cara kerja teknologi ini mungkin sedikit berbeda pada setiap jenis mobil.

Misalnya, sistem VVT di dalam mesin Honda menggunakan camshaft untuk menurunkan RPM-nya. Lalu, monitor komputer di mesin menghitung semua kondisi kendaraan.

Hal itu dapat terlihat pada kecepatan mesin dan posisi pedal throttle untuk memutuskan apakah beralih ke camshaft kinerja tinggi diperlukan atau tidak. Jika dirasa perlu, tekanan hidrolik kemudian diaktifkan untuk mengubah camshaft ke performa tinggi untuk mengakomodasi RPM mobil yang tinggi. 

Keunggulan Mesin VVT

Semua orang tentunya ingin memiliki mesin mobil berperforma tinggi. Pasalnya, dari semua komponen dan mesin dalam kendaraan, mesin adalah yang paling penting.

Baca Juga:
Sekolah Mengemudi di Negara Ini Gunakan Mobil Senilai Rp1 Miliar sebagai Fasilitas Belajar, Mewah dan Berkelas!

Jika Anda memiliki mesin mobil dengan performa yang baik, maka dapat.dipastikan bahwa kendaraan Anda akan tetap sehat untuk waktu yang lama. Selain itu, Anda akan menikmati banyak keuntungan sebagai pengemudi kendaraan yang menggunakan VVT. 

Adapun beberapa keuntungan menggunakan mesin VVT adalah RPM lebih tinggi, lebih hemat bahan bakar, emisi karbon lebih rendah, dan mesin lebih tahan lama. 



#Kerap #Ditemui #MobilMobil #Terkini #Apa #Itu #VVT #Simak #Penjelasannya

Sumber : www.suara.com

Related posts