Agar Warga Tak Memaksakan Mudik Pakai Sepeda Motor, Kemenhub Gelar Layanan Bus Gratis

Agar Warga Tak Memaksakan Mudik Pakai Sepeda Motor, Kemenhub Gelar Layanan Bus Gratis

Fayehicks.com – Agar masyarakat Indonesia tidak memaksakan diri mudik Lebaran 2022 menggunakan sepeda motor, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) membuka layanan mudik gratis.

Budi Setiyadi, Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub menyatakan bahwa saat ini pihaknya tengah merumuskan aturan terkait mudik menggunakan bus dan sepeda motor diangkut truk.

Read More

Rencananya, pendaftaraan mudik gratis akan dibuka pekan depan secara online dan offline.

“Waktunya sekitar 27, 28, dan 29 April. Mekanismenya mulai minggu depan. Kami sekarang sedang tahap terakhir untuk pelaksanaan lelangnya. Minggu depan pendaftaran bisa dilakukan secara online atau isi data secara manual,” ujarnya dalam konferensi pers di Kantor Kemenhub, Jakarta, Jumat (8/4/2022).

Baca Juga:
Tips Pilih Ban Sepeda Motor Agar Mudik Lebih Aman

Calon pemudik mendaftar untuk menjadi peserta mudik gratis di Gedung Nyi Ageng Serang, Jakarta, Selasa (23/6/2019). Sebagai ilustrasi [Fayehicks.com].

Ia menyatakan dalam mudik gratis ini Kemenhub menyiapkan kuota 10.500 orang yang diangkut menggunakan 350 bus.

Kuota dibagi lagi sebanyak 8.100 penumpang pakai 270 bus untuk mudik. Sisanya, 2.400 penumpang menggunakan 80 bus.

“Kemudian sepeda motor diangkut pakai truk pengangkut motor, kami siapkan 34 unit truk. Sehingga jumlah sepeda motor yang bisa diangkut sekitar 1.020 unit sepeda motor, baik untuk yang mudik maupun balik,” tandasnya.

Budi Setiadi menyebutkan anggaran untuk mudik gratis ini masih terbatas, sehingga tidak bisa mengangkut penumpang seperti pada mudik sebelum pandemi COVID-19.

“Kami menyiapkan mudik gratis dan mudik motor yang anggarannya hanya Rp 10 miliar. Biasanya sebelum pandemi mencapai Rp 38 miliar dan masyarakat pendaftar mencapai 10 ribu,” tutupnya.

Baca Juga:
Helm Motor Termasuk Peranti Wajib, Ini Langkah Membantu Melepasnya dari Korban Laka Lantas



#Agar #Warga #Tak #Memaksakan #Mudik #Pakai #Sepeda #Motor #Kemenhub #Gelar #Layanan #Bus #Gratis

Sumber : www.suara.com

Related posts