Simak 8 Tips Mudik Aman saat Pandemi, Selain Cek Kondisi Kendaran, Syarat Vaksin Jangan Lupa!

Simak 8 Tips Mudik Aman saat Pandemi, Selain Cek Kondisi Kendaran, Syarat Vaksin Jangan Lupa!

Fayehicks.com – Setelah dapat ‘lampu hijau’ dari pemerintah, kini masyarakat sudah mulai merencanakan agenda mudik 2022. Yap, setelah dua tahun belakangan mudik selalu terhambat pandemi, kini mudik bisa dilakukan dengan syarat yang ketat. Sederet tips mudik aman saat pandemi bisa Anda dapatkan di sini, sehingga agenda Anda bisa berjalan lancar.

Read More

Sebenarnya anjuran pemerintah sendiri bisa menjadi acuan dari tips mudik aman saat pandemi. Perhatian utamanya tentu pada isu kesehatan, namun Anda juga tetap harus waspada pada barang bawaan dan selalu mengutamakan keselamatan.

Syarat Umum Mudik Lebaran 2022

Mengacu pada edaran yang dikeluarkan pemerintah, beberapa syarat utama yang wajib dipenuhi adalah sebagai berikut.

Baca Juga:
Kapolri Minta Jajaran Siapkan Strategi Mudik Lancar dan Pandemi Terkendali

  • Mendapatkan dua dosis vaksin dan satu kali vaksin booster (tidak memerlukan surat keterangan negatif PCR atau Antigen). untuk yang baru mendapatkan dua dosis vaksin, memerlukan surat keterangan negatif antigen, dan yang baru satu kali vaksin memerlukan surat keterangan negatif hasil tes PCR.
  • Menerapkan protokol kesehatan selama perjalanan dan saat berada di kampung halaman, sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19 dan semua variannya.
  • Untuk Anda yang berasal dari luar negeri, maka hanya perlu menjalani tes PCR. Jika negatif maka Anda diperbolehkan melanjutkan perjalanan, jika positif maka akan segera ditindaklanjuti oleh petugas.

Tips Mudik Aman saat Pandemi

Nah selanjutnya, berikut beberapa tips mudik aman saat pandemi.

  1. Pilih transportasi paling nyaman yang bisa Anda dapatkan. Sesuaikan juga dengan jumlah rombongan yang akan turut dalam mudik kali ini.
  2. Pastikan semua syarat mudik sudah dilengkapi, sehingga tidak akan ada kendala administrasi saat akan  berangkat.
  3. Untuk Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, lakukan pengecekan kendaraan terlebih dahulu guna memastikan kendaraan dalam kondisi prima. Lakukan servis yang diperlukan.
  4. Pastikan kondisi kesehatan sebelum berangkat mudik, dan selalu bawa sabun cuci tangan dan hand sanitizer saat perjalanan.
  5. Selalu periksa regulasi dan aturan terbaru mengenai perjalan jarak jauh.
  6. Gunakan rest area yang tersedia di sepanjang jalan yang Anda lewati. Anda bisa beristirahat sejenak untuk melemaskan badan dan mendinginkan mesin kendaraan.
  7. Gunakan rute terbaik yang tidak terlalu ramai, namun tidak terlalu sepi untuk menghindari resiko macet dan tindak kejahatan.
  8. Selalu terapkan protokol kesehatan selama perjalan dan saat di kampung halaman, sehingga proteksi diri sendiri dan semua orang terdekat tetap terjaga.

Cukup lengkap bukan tips mudik aman saat pandemi di atas? Semoga bisa menjadi bacaan yang berguna untuk Anda, dan selamat mempersiapkan mudik!

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Baca Juga:
Tarif Tol Semarang Solo Terbaru, Cek Dulu Sebelum Berangkat Mudik 2022



#Simak #Tips #Mudik #Aman #saat #Pandemi #Selain #Cek #Kondisi #Kendaran #Syarat #Vaksin #Jangan #Lupa

Sumber : www.suara.com

Related posts