Populer di Kalangan Pencinta Otomotif, Decal adalah…

Populer di Kalangan Pencinta Otomotif, Decal adalah...

Fayehicks.com – Decal adalah salah satu jenis modifikasi pada kendaraan baik motor maupun mobil. Bagi pecinta otomotif sekaligus penggemar dunia modifikasi kendaraan baik mobil maupun motor, tentu sudah tak asing dengan seni modifikasi tampilan luar motor maupun mobil seperti decal ini.

Read More

Diketahui, modifikasi ini umumnya bertujuan untuk mempercantik penampilan mobil atau motor, tanpa harus melakukan pengecatan yang mahal hingga proses pengerjaannya yang lama.

Dalam dunia modifikasi kendaraan terdapat istilah cutting stiker dan stiker decal. Lazimnya, pada cutting sticker memanfaatkan stiker biasa yang kerap disebut scotlite. Hal ini jauh berbeda dengan decal.

Lantas, apakah yang dimaksud dengan decal? Untik selengkapnya, mari simak penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga:
Curhat Pemotor Kena Apes Saat Makan di Warung, Honda Vario Miliknya Tertukar dengan Motor Supra Jadul

Apa Itu Decal

Decal adalah seni modifikasi tampilan luar motor maupun mobil namun memanfaatkan stiker khusus yang dibuat menggunakan komputer lalu dicetak di atas bahan stiker. Sticker jenis decal biasanya digunakan untuk melapisi body motor atau mobil.

Oleh karena itu, decal disebut berbeda dengan cutting stiker biasa atau scotlite yang umum ditemukan di bengkel pinggir jalan. Umumnya stiker decal terbuat dari vinyl. Adapun jenis-jenis vinyl yang lazim digunakan yaitu Calendared Vinyl, Cast Vinyl, Metallic Vinyl, Reflective Vinyl, Fluorescent Vinyl, Iridescent Vinyl, dan Carbon Fiber Vinyl

Proses pengerjaan decal lebih canggih karena mengandalkan teknologi digital dan pengerjaan desain yang memanfaatkan komputer. Hal ini membuat decal terasa lebih praktis dan tentu hasilnya jauh lebih rapi.

Lalu bagaimana cara prmbuatan stiker decal? Nah, adapaun metode pembuatan stiker decal adalah sebagai berikut:

Baca Juga:
Mobil Pemadam Kebakaran Terhalang Portal Jalan di Sako, Warganet Emosi: Portal Jangan Dibuat Permanen!

  • Siapkan desain atau gambar yang ingin Anda jadikan stiker decal. Pastikan desain Anda memiliki resolusi tinggi atau inimal 300dpi.
  • Edit desain tersebut menggunakan komputer. Adapun hal yang perlu diedit yaitu tampilan dan ukuran. Sesuaikan dengan keinginan Anda.
  • Ambil kertas vinyl jenis apa saja lalu letakkan pada mesin printer. Pastikan posisinya sudah benar lalu cetak.
  • Laminasi permukaan hasil printan Anda agar hasil cetakan lebih awet dan tak mudah rusak.
  • Gunting stiker decal yang sudah jadi mengikuti polanya lalu aplikasikan pada kendaraan Anda.

Ada dua metode yang dapat digunakan saat mengaplikasikan stiker decal, yaitu dengan cara kering dan cara basah. Jadi, apakah Anda tertarik memodifikasi kendaraan Anda dengan jenis modifikasi decal?

Kontributor : Ulil Azmi



#Populer #Kalangan #Pencinta #Otomotif #Decal #adalah

Sumber : www.suara.com

Related posts