4 Langkah Wajib Ini Pantang Dilupakan

4 Langkah Wajib Ini Pantang Dilupakan

Fayehicks.com – Motor yang terendam banjir adalah kabar buruk, baik untuk pemiliknya atau untuk bengkel yang harus melakukan servis. Hal ini karena perawatan motor setelah kena banjir cukup banyak dan menyeluruh, untuk menjamin motor bisa digunakan kembali pada performa optimalnya.

Namun secara umum, sebenarnya bagaimana perawatan motor dengan kondisi seperti ini? Untuk mendapat sedikit gambaran, Anda bisa simak beberapa poin di bawah ini.

Read More
Banjir rob melanda kawasan Kalianak, Surabaya. [SuaraJatim/Dimas Angga]

1. Flushing Oli Motor

Tentu jangan buru-buru menyalakan motor yang terkena banjir. Anda bisa melakukan flushing oli motor hingga benar-benar bersih, dan menggantinya dengan oli motor baru sesuai dengan jenis dan jumlahnya.

Baca Juga:
Malaysia Bakal Implementasikan Wajib ABS untuk Sepeda Motor

Biasanya yang digunakan untuk membersihkan mesin atau bagian penyimpanan oli adalah solar atau bensin. Sediakan beberapa liter, dan bersihkan hingga buangan cairannya benar-benar bersih. Kemudian, isi oli sesuai dengan aturan.

Ada baiknya juga kamu menambah sedikit jumlah oli, agar dapat membantu membersihkan sisa bahan bakar yang digunakan untuk flushing tadi. Setelah berjalan sekitar dua pekan, Anda bisa kembali menggunakan oli pada jumlah yang sesuai.

2. Bersihkan Bagian Karburator dan Throttle Body

Selanjutnya jangan lupa juga untuk membersihkan karburator dan throttle body dari sisa air. Hal ini wajib dipastikan, dan akan lebih mudah jika kamu mendatangi bengkel yang memiliki kompresor guna menyemprot udara bertekanan tinggi hingga bagian dalam benar-benar bersih dari air.

Untuk membersihkan karburator, kuras air di mangkok karburator, dan kendorkan baut buangan bensin. Buka dan lepaskan karburator dari boks filter, dan semprotkan cairan pembersih dari lubang hisap udara.

Baca Juga:
Potret Modifikasi Motor Nyeleneh Bikin Publik Geleng-Geleng Kepala, Lampunya Janggal

3. Cuci Rangka dan Mesin Motor

Untuk memastikan tidak ada lagi endapan atau kotoran yang berada di rangka atau mesin motor, gunakan bensin sisa proses sebelumnya untuk membersihkan rangka dan mesin motor. Anda bisa memakai kuas untuk melakukan proses ini.

Setelah semua bagian rangka dan mesin motor dipastikan bersih, Anda bisa mencuci motor Anda menggunakan air dan sabun hingga benar-benar bersih.

4. Kabel Kelistrikan

Bagian yang tidak boleh terlewat adalah memastikan sistem kabel dan kelistrikan juga bersih dari semua jenis endapan atau air yang mungkin tersangkut karena motor terendam banjir. Terlebih jika kejadiannya seperti banjir rob di Semarang, yang mana air asin memiliki sifat korosif lebih besar.

Pastikan semua bagian kering dan bersih dari endapan sebelum mencoba menyalakan mesin kendaraan Anda.

Menerapkan cara perawatan motor setelah kena banjir memang perlu dilakukan. Akan lebih baik jika Anda mengunjungi bengkel kepercayaan Anda, dan meminta pembersihan total untuk bagian dalam mesin guna memastikan semua benar-benar bersih dan mesin dalam kondisi normal kembali.

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Langkah #Wajib #Ini #Pantang #Dilupakan

Sumber : www.suara.com

Related posts