Mengatasi Motor Kena Banjir Rob, Simak Caranya

Mengatasi Motor Kena Banjir Rob, Simak Caranya

Fayehicks.com – Banjir rob yang terjadi di Semarang membuat pemilik kendaraan bermotor, khususnya motor, harus memutar otak. Hal ini terkait bagaimana cara mengatasi motor kena banjir, agar bisa kembali digunakan dengan nyaman dan optimal.

Read More

Motor yang terkena banjir, apalagi banjir rob, biasanya akan mengalami masalah karena air dan endapan kotoran masuk ke bagian dalam mesin dan komponen motor. Maka dari itu, sangat beresiko untuk mencoba menyalakan motor sesaat setelah terkena banjir.

Ada beberapa treatment yang bisa dilakukan untuk mengatasi motor kena banjir, yang bisa jadi langkah awal sebelum membawanya ke bengkel. Simak di bawah ini.

1. Segera Pindahkan ke Area Kering

Baca Juga:
Malaysia Bakal Implementasikan Wajib ABS untuk Sepeda Motor

Jelas yang pertama harus dilakukan adalah memindahkan motor ke area yang lebih tinggi dan kering, sehingga genangan tak lagi bisa menjangkaunya. Sederhana saja, tujuannya agar air dan kotoran tidak masuk lebih banyak ke bagian dalam mesin dan menimbulkan kerusakan.

2. Kedua, Jangan Hidupkan Motor, Bilas dengan Air Bersih

Langkah selanjutnya adalah jangan mencoba hidupkan motor. Alih-alih melakukan hal tersebut, coba bilas motor dengan air agar tampilan luarnya terlihat bersih dan bebas dari kotoran atau endapan. Setelah motor terlihat bersih baru lakukan langkah penanganan.

3. Periksa Oli, Lakukan Pengurasan dan Penggantian

Dapat dipastikan bagian kamar oli sudah terkontaminasi oleh air dan kotoran yang menggenangi motor. Maka dari itu, buka bagian ini, bersihkan oli yang ada di dalamnya, dan lakukan pengurasan hingga bagian ini benar-benar bersih. Anda bisa menggunakan udara bertekanan dari kompresor atau bensin dan solar untuk membantu pembersihan ini.

Baca Juga:
Potret Modifikasi Motor Nyeleneh Bikin Publik Geleng-Geleng Kepala, Lampunya Janggal

Pastikan semua bersih, dan ganti dengan oli yang baru dengan menambah sedikit jumlahnya sehingga bisa membantu membersihkan bagian-bagian mesin yang lain.

4. Karburator atau Throttle Body dan Filter Udara

Pastikan juga kedua bagian ini turut dibersihkan dengan baik sehingga benar-benar tidak ada bagian yang masih memiliki endapan kotoran atau air. Khusus bagian filter udara, jangan ragu melakukan penggantian sebab ini yang menjadi pusat sirkulasi udara di dalam mesin motor Anda.

5. Bersihkan Bagian Rangka, Mesin, dan Cek Kelistrikan

Setelah bagian sebelumnya dibersihkan, lanjutkan dengan membersihkan bagian rangka dan mesin hingga benar-benar terbebas dari kotoran dan air yang mungkin terjebak. Jangan lupa cek bagian kelistrikan dan setiap kabel, serta pengapian di bagian busi dan kamar busi.

Pastikan setiap bagian tidak lagi memiliki air bekas banjir rob, sehingga dapat meminimalisir terjadinya korsleting listrik.

Untuk mengatasi motor kena banjir rob seperti yang terjadi di Semarang beberapa waktu lalu, Anda bisa mengunjungi bengkel terdekat dan meminta pihak bengkel melakukan maintenance menyeluruh. Cara ini bisa dilakukan untuk memastikan motor benar-benar dalam kondisi prima, dan siap digunakan kembali.

Kontributor : I Made Rendika Ardian



#Mengatasi #Motor #Kena #Banjir #Rob #Simak #Caranya

Sumber : www.suara.com

Related posts