Cari Sumber Daya Alternatif, BMW Bakal Hadirkan Pabrik Bebas Bahan Bakar Fosil

Jajaran Mobil Sport Ini Curi Perhatian di MotoGP Mandalika

Fayehicks.com – BMW dikabarkan sedang menjajaki investasi baru dalam energi surya, panas bumi, dan hidrogen sebagai langkah meminimalkan ketergantungan kepada sumber gas alam.

Kepala Produksi BMW, Milan Nedeljkovic mengatakan bahwa embargo gas yang dilakukan oleh Rusia dalam jangka panjang akan membuat industri terhenti. Sementara 54 persen konsumsi energi BMW masih mengandalkan gas alam.

Read More
Ilustrasi pabrik mobil (Shutterstock).

Untuk itu, perusahaan saat ini sedang mencari celah agar bisa menambahkan panel surya untuk digunakan di pabrik mereka di Leipzig, Jerman.

“Hidrogen sangat cocok untuk menurunkan atau bahkan sepenuhnya mengimbangi permintaan terhadap gas alam,” kata Nedeljkovic, dikutip dari Hindustan Times.

Baca Juga:
Performa Rolls-Royce Black Badge Ghost Meningkat, Ini Spesifikasi Teknis Terbarunya

Lebih lanjut, saat ditanya apa yang akan terjadi pada pabrik BMW jika terjadi penghentian pengiriman gas dari Rusia, ia memberikan jawaban sebagai berikut.

“Industri kami menyumbang sekitar 37 persen dari konsumsi gas alam Jerman. Bukan hanya BMW akan tetapi seluruh sektor akan terhenti,” ujar Nedeljkovic.

Rencana BMW memperlihatkan bila perusahaan sedang mempersiapkan sistem yang lebih baik. Yaitu tidak hanya bergantung pada pasokan gas dari Rusia.

Strategi ini juga merupakan bentuk antisipasi jika terjadi penghentian pengiriman secara tiba-tiba. Di luar Jerman, pabrik baru BMW di Debrecen, Hongaria akan menjadi tempat produksi mobil pertama di dunia yang sepenuhnya beroperasi tanpa bahan bakar fosil.

Baca Juga:
Rolls-Royce Black Badge Ghost Debut di Indonesia, Suguhkan Alter Ego Gaya Edgy dan Pemberani

Pabrik-pabrik itu disebutkan Nedelkjovic akan sangat bergantung pada tenaga surya.

Secara tidak langsung, BMW juga sedang mempertimbangkan untuk menggunakan energi panas bumi.

Ditanya tentang potensi energi nuklir, yang menyumbang sekitar setengah dari pasokan energi Hungaria Nedeljkovic mengatakan, “Energi nuklir dapat menjadi faktor penstabil, terutama di masa yang bergejolak ini. Untuk produksi kami sendiri, kami mengandalkan sumber energi regeneratif.”



#Cari #Sumber #Daya #Alternatif #BMW #Bakal #Hadirkan #Pabrik #Bebas #Bahan #Bakar #Fosil

Sumber : www.suara.com

Related posts