Dukung Pengembangan Pariwisata Ramah Lingkungan, PLN Hadirkan Lebih dari 20 Unit SPKLU

Dukung Pengembangan Pariwisata Ramah Lingkungan, PLN Hadirkan Lebih dari 20 Unit SPKLU

Fayehicks.com – PT PLN (Persero) menyebutkan bahwa pihaknya telah membangun 27 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum atau SPKLU di berbagai destinasi wisata di Tanah Air. Tujuannya untuk mendukung pengembangan sektor pariwisata ramah lingkungan.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis PLN pada akhir pekan lalu (5/6/2022), Direktur Bisnis PLN Regional Jawa, Madura, dan Bali PLN Haryanto WS menyatakan ada lima destinasi wisata unggulan yang menjadi lokasi penempatan SPKLU.

Read More

Yaitu kawasan Candi Borobudur, kawasan Candi Prambanan, Bali, Lombok, serta Labuan Bajo.

Mobil listrik pertama telah hadir di Labuan Bajo, diabadikan di SPKLU PLN (Antara)

“Kami siap mendukung green tourism di Indonesia dengan menyiapkan infrastruktur kelistrikan, bisa menjadi ajang sosialisasi kepada masyarakat soal pentingnya beralih ke kendaraan listrik,” jelas Haryanto WS.

PLN membangun banyak stasiun pengisian baterai kendaraan listrik sebagai bentuk dukungan pihaknya dalam mempercepat transisi energi bersih di Indonesia. Dan Haryanto WS menambahkan bahwa pembangunan SPKLU merupakan salah satu dukungan PLN dalam mendorong ekosistem kendaraan listrik.

Penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan pariwisata yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata seperti bandara, hotel, dan atraksi wisata diharapkan mampu mengurangi emisi gas rumah kaca dari sektor transportasi secara signifikan.

Baca Juga:
London Rayakan Platinum Jubilee Sri Ratu, Parkir Bumper to Bumper Tidak Masalah

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah) saat menjajaki kendaraan listrik yang disediakan Grab Indonesia di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022) [ANTARA/HO-Kemenparekraf].
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (tengah) saat menjajaki kendaraan listrik yang disediakan Grab Indonesia di kawasan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Selasa (17/5/2022) [ANTARA/HO-Kemenparekraf].

“Saat ini, kami sedang mempersiapkan jaringan SPKLU untuk mendukung kehadiran kendaraan listrik di beberapa destinasi wisata lainnya. Yaitu Danau Toba, Likupang, dan Mandalika yang ditargetkan selesai pada Oktober 2022,” ujar Haryanto WS.

Sementara Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo melihat keberadaan SPKLU penting di masa depan karena adanya pergeseran jenis transportasi dari bahan bakar minyak menjadi bahan bakar listrik.

“PLN siap memberikan pasokan listrik yang berlimpah dan berbasis energi bersih guna mendorong ekosistem kendaraan listrik ini masif di Indonesia. Sudah saatnya memang pergeseran dari energi fosil ke energi yang ramah lingkungan dan melimpah di Indonesia,” tukas Darmawan Prasodjo.

PLN juga menyiapkan fitur electric vehicle yang tersedia dalam Aplikasi PLN Mobile. Fungsinya memberikan informasi kepada pemilik kendaraan listrik untuk langsung mengetahui lokasi SPKLU terdekat dan melakukan transaksi pengisian baterai dalam satu genggaman.

“Kemudahan dan layanan yang diberikan PLN ini tentu akan memudahkan masyarakat dalam menggunakan kendaraan listrik,” pungkasnya.

Baca Juga:
Buick Wildcat EV Concept, Sebuah Transformasi Masa Depan dan Logo Baru Perusahaan



#Dukung #Pengembangan #Pariwisata #Ramah #Lingkungan #PLN #Hadirkan #Lebih #dari #Unit #SPKLU

Sumber : www.suara.com

Related posts